Senin, 20 April 2009

Di Wolomeze Partai Golkar Unggul 18-Apr-2009

Oleh Hubert Uman
Bajawa, Flores Pos

Rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Ngada tentang rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu legislatif tingkat Kabupaten Ngada dimulai hari Jumat (17/4). Hari pertama KPU melakukan penghitungan suara hasil pemilu legislatif di Kecamatan Wolomeze. Hasilnya, untuk DPR-RI dan DPRD provinsi NTT, Partai Golkar mengungguli partai-partai lainnya.

Untuk DPRD Kabupaten Ngada, hingga pukul 14.30, belum dilakukan rekapitulasi. Dari total pemilih 2.519, perolehan suara Partai Golkar untuk DPR-RI 920 suara. Disusul PDI Perjuangan 264, PPRN 243, dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 207. Perolehan suara partai-partai lainnya berkisar antara 5-70-an suara. Untuk DPRD Provinsi NTT, Golkar meraup suara sebanyak 1.381.
Caleg Partai Golkar DPRD Provinsi NTT nomor urut 6 atas nama Thomas Dolaradho mendapat dukungan paling besar, 1.222 suara. Perolehan suara untuk PDI Perjuangan di Kecamatan Wolomeze 304 suara. Disusul Partai Kasih Demokrasi Indonesia (PKDI) 82, Partai RepublikaN 70, Partai Damai Sejahtera 59, dan Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) 20 suara. Partai-partai lainnya mendapat dukungan dibawah sepuluh suara. Bahkan ada sejumlah partai hanya mendapat satu suara dan ada yang kosong sama sekali. Ketua KPUD Ngada Arnold keli nani mengtakan, perolehan suara hasil pemilu 9 April lalu sudah direkapitulasi di PPK.

Tidak ada intervensi dari KPU. Di KPU hanya rekapitulasi terakhir untuk disahkan. Untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD), kata anggota KPUD Ngada Thomas Mauritius Djawa, dari jumlah pemilih 2.519, surat suara sah sebanyak 2.407. Surat suara tidak sah 112. Calon anggota DPD atas nama Richardus Wawo mendapat suara paling tinggi yakni 717 suara. Urbanus Ola 282 suara. Dukungan untuk calon anggota DPD lainnya kecil. Rapat pleno yang dihadiri oleh para saksi dari partai politik ini berlangsung selama tiga hari, sejak Jumat sampai dengan dengan Minggu (19/4), di Aula kantor KPUD Ngada.

Pada acara pembukaan hadir Bupati Ngada Piet Jos Nuwa Wea, Asisten II Setda Ngada Petrus Tena. Rapat pleno dipimpin Ketua KPUD Ngada Arnoldus Keli Nani didampingi anggota KPUD Yosafat Koli, Thomas M. Djawa, dan Hendrika M. Djawa. Anggota KPUD Ngada Agustinus Bhara sedang mendampingi rekapitulasi di Kecamatan Riung. Kegiatan rapat pleno terbuka KPU Kabupaten Ngada tentang rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu legislatif tingkat Kabupaten Ngada mendapat penjagaan ketat polisi. *

Tidak ada komentar: